Oleh :
Teungku Riyandi Syafri, S.HI.,MA
NIDN : 0706197901
Dosen Syariah Institut Agama Islam Al-Aziziyah-Samalanga

ABSTRAK

Qawaid Fiqhiyah. Sejak dahulu sampai saat ini hamper tidak ada ulama yang mengingkari akan penting peranan qawaid fiqhiyah dalam kajian ilmu syariah (fiqih). Para ulama menghimpun sejumlah persoalan fiqh yang ditempatkan pada suatu qawaid fiqhiyah. Apabila ada masalah fiqh yang dapat dijangkau oleh suatu kaidah fiqh, masalah fiqh itu ditempatkan di bawah kaidah fiqh tersebut. Melalui qawaid fiqhiyah atau kaidah fiqh yang bersifat umum memberikan peluang bagi ummat yang melakukan studi terhadap fiqh untuk dapat menguasai fiqh dengan lebih mudah dan tidak memakan waktu yang relatif lama, justru dengan Qawaid Fiqhiyah penguasaan permasalahan fiqh akan lebih mudah difahami. Qawaid fiqhiyah (kaidah-kaidah fiqh) adalah suatu kebutuhan bagi kita semua.

Banyak dari akademisi yang kurang mengerti bahkan ada yang belum mengerti sama sekali apa itu qawaid fiqhiyah. Oleh karena itu, saya selaku penulis mencoba untuk menerangkan tentang kaidah-kaidah fiqh, mulai dari pengertian, perbedaan, hubungan antara keduanya, dalil-dalailnya, Qawaid Fiqhiyah dan Ushul fiqih, tujuan, manfaat dan dasar-dasar pengambilannya. Bertujuan untuk memudahkan pemahaman tentang qawaid fiqhiyah, di bawah ini dikemukakan pengertian atau definisi qawaid fiqhiyah yang penulis bahas nantinya dalam bab II. Qawaid Fiqhiyyah merupakan alat untuk memutuskan perkara-perkara yang belum terdapat nashnya baik dalam al-qur’an maupun hadist, termasuk pada ibarat nash yang masih umum atau lafadh ammiyah. qawaid fiqhiyyah merupakan wasilah, jembatan penghubung, antara dalil dan hukum.

Salah satu dasar penggunaan qawaid fiqhiyyah sebagai dalil untuk memutuskan persoalan syariat terdapat dalam al-qur’an pada firman Allah SWTdalam surat al-a’raf ayat 199. Urgensi penggunaan qawaid fiqhiyyah dalam persoalan fiqh mencakupi seluruh hukum yang berhubungan dengan af’al mukallaf. Baik dalam fiqh ibadat, muamalat, munakahat maupun jinayat. Kedudukan Qawaid Fiqhiyyah dalam ifta dan qadha terdapat pada istimbath hukum yang masih umum lafazd.

Download Selengkapnya


Webmail

webmail

Kontak

Logo.png

IAI AL - Aziziyah
Jl. Mesjid Raya Km. 1,5 Mideun Jok Kec. Samalanga Bireuen Provinsi Aceh

Telp. (0644) 531755
Fax. (0644) 531755