13 Januari 2019

BIREUEN I IAIA- IAI Al-Aziziyah Samalanga menggelar bedah buku karya P. Alt. Dr. Tgk. Aminullah, MA yang juga dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAI Al-Aziziyah dengan judul "Alamtologi : Interaksi Manusia dengan Air" bertempat di aula kampus tersebut, Sabtu, (12/1/2019).

Buku monumental hasil riset alumni Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga itu di bedah
oleh tamu luar negeri yang juga penemu Alamtologi P. Alt. HA.Zamrie@Masa Bayu dari International Center Natural Science Malaysia dan Dr. Tgk. Saiful Bahri Aceh yang merupakan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAI Al-Aziziyah.

Bedah buku tersebut turut dihadiri oleh akademisi, tokoh dan tamu luar negeri serta luar kabupaten Bireuen termasuk Rektor IAI Al-Aziziyah, Akademika kampus setempat juga para mahasiswanya.

Acara bedah berlangsung alot dan semangatnya para audien yang menempati aula tingkat tiga gedung tersebut terlebih sangat banyak pertanyaan dan hal yang menarik serta penemuan terbaru dari bedah buku karya doktor jebolan UINSU yang juga pakar Alamtologi.

Karya ilmiah tersebut mampu mengungkapkan sesuatu yang baru yang belum di lakukan oleh ilmuwan dunia, kalau ilmuwan Jepang Masaru Emotoyang meniliti tentang air dan pengaruhnya saat dibacakan sesuatu yang baik melahirkan bentuk molekulnya yang indah, namun alumni MUDI itu berhasil mengungkapkan proses interaksi molekul tersebut dan ini tidak diungkapkan oleh ilmuwan Jepang itu.

"Ini karya yang sangat menarik dan mampu mengungkapkan sesuatu yang baru, kalau Ilmuwan Jepang hanya mampu memperlihatkan bentuk molekul air saat dibacakan yang baik dengan bentuk yang indah, tetapi Dr. Tgk. Aminullah, MA berhasil mengungkapkan prosesnya dan ini sesuatu yang luar biasa, " ungkap Zamrie pakar Alamtologi dihadapan forum dengan penuh semangat.

Selanjutnya, Dr. Tgk. Saiful Bahri yang tampil sebagai pembedah buku itu juga menyebutkan kekaguman dan keberanian penulis mampu melakukan kolaborasi keilmuan dalam karya ilmiah yang halamannya sekitar 500 halaman beberapa disiplin ilmu.

" Salah satu kelebihan Buku Alamtologi ini bisa menggabungkan tiga dimensi keilmuan Islam, alamtologi dan komunikasi Islam dan karya ini sudah bertaraf Internasional serta layak untuk dijadikan rujukan dan referensi menulis karya ilmiah," ulasnya yang juga pakar borang dan akreditasi ternama alumni MUDI Samalanga yang juga guru senior Dayah Jami'ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek.


Sementara Humas IAI Al-Aziziyah Samalanga Dr. Tgk. Riandi Syafri, MA sangat bergembira dan hendaklah tradisi literasi sebagai khazanah keilmuan dunia Islam dan perguruan tinggi terus ditingkatkan serta mampu melahirkan berbagai buku lainnya dari dosen kita.

"Mewakili dari Civitas akademika IAI Al-Aziziyah, saya mengucapkan terima kasih banyak atas semua yang terlibat menyukseskan acara ini dan hendaklah tradisi literasi lewat menulis dan melahirkan karya monumental seperti yang dilakukan Dr. Tgk. Aminullah, MA terus berlanjut dan lahir dari kampus kita begitu juga forum ilmiah seperti bedah buku, semimar dan lainnya terus ditingkatkan," pinta doktor muda murah senyum kelahiran Jambi itu.

Doktor jebolan UINSU juga menambahkan acara bedah buku dan seminar internasional yang berlangsung beriringan dan di buka lansung oleh Rektor IAIA dalam sambuannya rektor menyebutkan ini merupakan salah satu terobosan baru IAI adalah melahirkan ilmuan yang mampu mewarnai dunia pendidikan baik nasional maupun international.

" Dr. Tgk. Aminullah, MA merupakan salah satu dari Dosen Tetap Fakultas Komunikasi Islam IAIA yang sudah menerapkan ilmunya secara saintifik dalam dimensi Alamtologi yang dilengkapi dengan formulasi ilmu secara eksakta. Harapan semoga acara ini dapat mendorong bagi para dosen IAIA dalam berpacu dibidang penelitian dan melahirkan karya yang berguna bagi generasi bangsa dimasa yang akan datang," tutupnya dengan penuh berharap.

 

 


Webmail

webmail

Kontak

Logo.png

IAI AL - Aziziyah
Jl. Mesjid Raya Km. 1,5 Mideun Jok Kec. Samalanga Bireuen Provinsi Aceh

Telp. (0644) 531755
Fax. (0644) 531755